Modifikasi Pelaksanaan Pembelajaran

Modifikasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

        Modifikasi secara umum diartikan sebagai usaha untuk mengubah atau menyesuaikan. Namun secara khusus modifikasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menciptakan dan menampilkan sesuatu hal yang baru, unik, dan menarik.
        Setiap rencana yang akan dilaksanakan tentunya terdapat suatu maksud dan tujuan. Dalam hal ini Lutan (1988) menyatakan mengenai tujuan memodifikasi dalam pelajaran pendidikan jasmani yang dikutip oleh Husdarta (2011:179) yaitu agar:

  1. Siswa memperoleh kepuasan dalam mengikuti pelajaran
  2. Meningkatkan kemungkinan keberhasilan dalam berpartisipasi, dan
  3. Siswa dapat melakukan pola gerak secara benar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(DISPRUPTED INNOVATION)

Sekolah                                   :  SMP/MTs Sederajat
Kelas                                       :  VII
Mata Pelajaran                        :  IPA Terpadu
Materi                                      :  Suhu dan Pengukurannya
Alokasi Waktu                        :  90 Menit
Model Pembelajaran               :  Discovery Learning
Metode Pembelajaran             :  Chatt Online, Presentasi Online, Diskusi Online, vido call, Streaming, Search engine
Sumber Belajar                        :  Multimedia Interaktif, Internet, Youtube dan Buku IPA Terpadu Kelas VII

Langkah-langkah Pembelajaran
Guru
Siswa
Pendahuluan
  • Guru login ke sistem lalu menyapa siswa
  • Guru meminta siswa untuk mengunduh dan membuka PPT yang telah disediakan oleh guru
  • Guru meminta siswa untu mempelajari PPT yang telah diberikan oleh guru
Inti
  • Guru meminta siswa membuka link youtube yang telah di berikan oleh guru
  • Guru meminta siswa menonton dan mengamati video yang ada di youtube
  • Guru dan siswa berdiskusi dalam chat online
  • Guru meminta siswa mengunduh soal yang sudah disediakan oleh guru
  • Guru meminta siswa menjawab pertanyaan yang telah di unduh
  • Guru meminta siswa mengirim hasil belajarnya dalam chat online dan di bahas bersama

Penutup
  •  Guru dan siswa membuat kesimpulan bersama dalam chat online
  • Guru mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam





Pendahuluan

·         Siswa login ke sistem dan menyapa guru
·         Siswa mengunduh dan membuka PPT yang telah disediakan oleh guru
·         Siswa mempelajari PPT yang telah diberikan oleh guru
Inti
·         Siswa membuka link youtube yang telah di berikan oleh guru
·         Siswa menonton dan mengamati video yang ada di youtube
·         Siswa berdiskui bersama dengan guru dalam chat online
·         Siswa menjawab pertanyaan yang telah diunduh
·         Siswa mengirim hasil belajar dalam chat online


Penutup
·         Siswa dan guru bersama membuat kesimpulan
·         Siswa menjawab salam dari guru
  
1.  Teknik Penilaian (terlampir)
a.    Keterampilan
-        Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

Instrumen Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Sangat Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang Baik
(50)
Tidak Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan





Kriteria penilaian (skor)
100      = Sangat Baik
75        = Baik
50        = Kurang Baik
25        = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100).
Jenis Evaluasi :
K = Know (what do i know? / apa yang sudah saya pahami)
Saya sudah memahami tentang pengertian pengertian suhu, suhu normal tubuh
W = Want (what do i want know?/apa yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)
Yang ingin saya pelajari lebih lanjut praktek mengukur suhu
L = Learn (what did i learned?/apa yang sudah saya kuasai?)
Saya sudah menguasai tengang berbagai jenis thermometer dan bahan yang digunakan untuk mengisi thermometer dan titik rendah dan titik didihnya
A = Action (what action will i take?/tindak lanjut apa yang harus saya lakukan?)
Tindak lanjut yang saya lakukan adalah saya akan mempelajari lagi
Q = Question (what new question do i have?/ permasalahan baru apa dari saya?)
Bagaimana kalau suhu badan di bawah normal?

RPP Modifikasi ini dapat di download pada link dibawah

https://www.4shared.com/office/lvQnvchKea/Aktiiftas_Siswa_dan_Guru__Riaa.html
























Komentar