Modifikasi
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Modifikasi secara umum diartikan sebagai usaha untuk mengubah atau menyesuaikan. Namun secara khusus modifikasi adalah suatu upaya yang dilakukan untuk menciptakan dan menampilkan sesuatu hal yang baru, unik, dan menarik.
Setiap rencana yang akan dilaksanakan tentunya terdapat suatu maksud dan tujuan. Dalam hal ini Lutan (1988) menyatakan mengenai tujuan memodifikasi dalam pelajaran pendidikan jasmani yang dikutip oleh Husdarta (2011:179) yaitu agar:
- Siswa memperoleh kepuasan dalam mengikuti pelajaran
- Meningkatkan kemungkinan keberhasilan dalam berpartisipasi, dan
- Siswa dapat melakukan pola gerak secara benar
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(DISPRUPTED INNOVATION)
Sekolah :
SMP/MTs Sederajat
Kelas : VII
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Materi : Suhu dan Pengukurannya
Alokasi Waktu : 90 Menit
Model Pembelajaran : Discovery Learning
Metode Pembelajaran : Chatt Online, Presentasi
Online, Diskusi Online, vido call, Streaming, Search engine
Sumber Belajar : Multimedia Interaktif, Internet, Youtube dan Buku IPA Terpadu Kelas VII
Langkah-langkah Pembelajaran
|
|
Guru
|
Siswa
|
Pendahuluan
Inti
Penutup
|
Pendahuluan
·
Siswa login ke sistem dan
menyapa guru
·
Siswa mengunduh dan membuka
PPT yang telah disediakan oleh guru
·
Siswa mempelajari PPT yang
telah diberikan oleh guru
Inti
·
Siswa membuka link youtube
yang telah di berikan oleh guru
·
Siswa menonton dan mengamati
video yang ada di youtube
·
Siswa berdiskui bersama
dengan guru dalam chat online
·
Siswa menjawab pertanyaan
yang telah diunduh
·
Siswa mengirim hasil belajar
dalam chat online
Penutup
·
Siswa dan guru bersama
membuat kesimpulan
·
Siswa menjawab salam dari
guru
|
1. Teknik Penilaian
(terlampir)
a. Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang Baik
(50)
|
Tidak Baik
(25)
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
||||
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
||||
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
||||
4
|
Pelafalan
|
Kriteria
penilaian (skor)
100
= Sangat Baik
75 = Baik
50
= Kurang Baik
25
= Tidak Baik
Cara mencari nilai (N)
= Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor
ideal (100).
Jenis Evaluasi :
K
= Know (what do i know? / apa yang sudah saya pahami)
Saya sudah memahami tentang
pengertian pengertian suhu, suhu normal tubuh
|
W
= Want (what do i want know?/apa yang ingin saya pelajari lebih lanjut?)
Yang ingin saya pelajari lebih
lanjut praktek mengukur suhu
|
L
= Learn (what did i learned?/apa yang sudah saya kuasai?)
Saya sudah menguasai tengang
berbagai jenis thermometer dan bahan yang digunakan untuk mengisi thermometer
dan titik rendah dan titik didihnya
|
Q
= Question (what new question do i have?/ permasalahan baru apa dari saya?)
Bagaimana
kalau suhu badan di bawah normal?
RPP Modifikasi ini dapat di download pada link dibawah https://www.4shared.com/office/lvQnvchKea/Aktiiftas_Siswa_dan_Guru__Riaa.html |
Komentar
Posting Komentar