Learning
Cycle
5E
|
Konvensional
|
Modifikasi
|
||
Aktivitas
|
Keterampilan
4C
|
Aktivitas
|
Keterampilan
4C
|
|
Engagement
|
· Guru
memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
· Guru
melakukan demonstrasi mengenai contoh
gelombang transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan
|
Communication
dan Collaborative
|
Guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba
dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan materi Gelombang Transversal
|
Communication
Komunikasi terjadi ketika guru
memberikan link aplikasi pHet
kepada siswa
Collaborative
Membangun kerjasama untuk menggunakan
aplikasi pHet
|
Exploration
|
Siswa (dalam bentuk kelompok kecil)
melakukan percobaan yang telah dilakukan guru dan mencatat hasilnya
|
Communication,
Collaborative dan Creativity
|
Masing-masing siswa membuka link aplikasi pHet tersebut di hp atau
laptop serta mencatat hasil percobaan
|
Critical
Thinkink
Proses Critical Thinkink terjadi ketika siswa menggunakan aplikasi dan
mengolah data
Creativity
Siswa dituntut kreatif saat
menggunakan aplikasi.
Contohnya: siswa memodifikasi
amplitude gelombang
|
Explanation
|
Siswa menjelaskan hasil percobaan yang
telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
|
Communication
|
Siswa
membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
|
Communication
Communication
terjadi
ketika masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum
diskusi online
|
Elaboration
|
Siswa mengkaitkan contoh gelombang
transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya: menjelaskan kejadian pada
tetesan air
|
Communication
dan
Critical Thinking
|
Masing-masing
siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
|
Critical
Thinking
Siswa
menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan
gelombang transversal
Communication
Siswa
membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine
|
Evaluation
|
Guru mengevaluasi pemahaman siswa
melalui kegiatan post test
|
Critical
thinking
|
Siswa
mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
|
Critical
Thinking
Siswa
menjawab soal yang telah diberikan oleh guru
|
1. Apa itu model pembelajaran Learning Cycle 5E?
2. Apa tujuan dari model pembelajaran Learning Cycle 5E?
3. Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran Cycle!
4. Apa peran guru dalam Exploration?
5. Apa peran siswa dalam Explanation?
Model Pembelajaran ini dapat didownload pada link dibawah
https://www.4shared.com/office/LP6BKCrhea/Cycle_learning_5E.html
Link Blog lainnya :
https://www.4shared.com/office/LP6BKCrhea/Cycle_learning_5E.html
Link Blog lainnya :
https://blogriaseptiana.blogspot.com/2019/10/modifikasi-pelaksanaan-pembelajaran.html
https://blogriaseptiana.blogspot.com/2019/10/pembelajaran-berbasis-distruptive.html
https://blogriaseptiana.blogspot.com/2019/10/komponen-rpp-rpp-konvensional-rpp.html
https://blogriaseptiana.blogspot.com/2019/10/pembelajaran-berbasis-distruptive.html
https://blogriaseptiana.blogspot.com/2019/10/komponen-rpp-rpp-konvensional-rpp.html
1. Model Pembelajaran learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme. Pendekatan teori kontruktivistik pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan proses belajar mengajar. Sehingga proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa (student centered) dari pada teacher centerred. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator.
BalasHapusTerimakasih atas jawabannya
Hapus4. Peran guru dalam model pembelajaran 5E adalah guru bisa sebagai fasilitator dan stimulator bagi siswa
BalasHapusTerimakasih atas jawabannya
Hapus- learning cycle murpakan model pembelajaran student center dimana siswa dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran
BalasHapus- pada tahap exploration guru berperan sebagai stimulator agar siswa mampu mengembangkan pemikirannya
Terimakasih atas jawabannya
HapusKelebihan Model Pembelajaran 5E
BalasHapusMenurut Wibowo (2010), penerapan model siklus belajar mempunyai kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan sebagai berikut:
Meningkatkan motivasi belajar karena pebelajar (siswa) dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
Membantu mengembangkan sikap ilmiah pebelajar
Pembelajaran menjadi lebih bermakna
Kekurangan Model Pembelajaran 5E
Adapun kekurangan penerapan model siklus belajar yang harus selalu diantisipasi adalah sebagai berikut:
Efektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah pembelajaran
Menuntut kesungguhan dan kreativitas guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran
Memerlukan pengelolaan kelas yang lebih terencana dan terorganisasi
Memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran.
Terimakasih atas jawabannya
HapusLearning cycle atau siklus belajar adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif
BalasHapusTerimakasih atas jawabannya
Hapus3. Kelebihan siswa
BalasHapus• Merangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pembelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya
• Memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan
• Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen
• Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari
• Memberi kesempatan kepada siswa untuk berifikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari
Terimakasih atas jawabannya
Hapus1. Merupakan model pembelajara. Yang berpusat kepada siswa
BalasHapus2. Tujuan nya agar siswa belajar lebih aktif
3. Kelebihan: meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu mengembangkan sikap ilmiah siswa,
4. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator
Terimakasih atas jawabannya
HapusSiklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah salah satu model konstruktivis lengkap dalam kasus pembelajaran berbasis riset atau brainstorming yang digunakan di dalam kelas (Campbell dalam Tuna & Kacar, 2013).
BalasHapusJelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
BalasHapusSiklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
Tentu memiliki peran penting dalam langkah-langkah, acuan, dan cara menilai lebih terarah karenanya
Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
Peran guru adalah sebagai fasilisator untuk bertanya. Guru juga berperan memberikan motivasi untuk saling bertanya sehingga berjalan komunikasi dengan baik dan memperbaiki adanya miskonsepsi
Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
Guru memberikan pertanyaan atau masalah sehingga siswa berusaha berpikir untuk memecahkan masalah tersebut
Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pada umumnya orang yang memiliki kesulitan berbicara akan lebih mudah mengungkapkan melalui pesan teks. Media komunikasi dapat juga berupa audio maupun vidio.
Terimakasih atas jawabannya
HapusApa itu model pembelajaran Learning Cycle 5E?
BalasHapusModel Pembelajaran learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme. Pendekatan teori kontruktivistik pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan proses belajar mengajar. Sehingga proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa (student centered) dari pada teacher centerred. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator.
rizky_isnawan
Terimakasih atas jawabannya
HapusModel pembelajaran learning cycle-5E bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam membangun pengetahuan dan pengalaman belajar dengan terlibat secara aktif mempelajari materi secara bermakna dan bekerja serta berpikir baik secara individu maupun kelompok sehingga mencapai tujuan pembelajaran.
BalasHapusTerimakasih atas jawabannya
Hapus
BalasHapus-Model pembelajaran siklus 5E adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa
-kelebihan model pembelajaran silus 5E diantaranya pembelajaran lebih bermakna,siswa lebih terampil dalam pembelajaran terutama dalam penguasaan teknologi
-kekurangan model ini adalah lebih banyak waktu dan tenaga yg dibutuhkan
Terimakasih atas jawabannya
HapusLearning cycle atau siklus belajar adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif (Fajaroh, 2008).
BalasHapusTerimakasih atas jawabannya
HapusSaya akan menjawab pertanyaan nomor 5,
BalasHapusPeran siswa pada sintaks explanation yakni siswa dipacu agar mampu menjelaskan dan beragumentasi selama pembelajaran berlangsung
Terimakasih atas jawabannya
Hapus