Modifikasi Model Pembelajaran Learning Cycle 5E

Learning Cycle
5E
Konvensional
Modifikasi
Aktivitas
Keterampilan 4C
Aktivitas
Keterampilan 4C
Engagement
·     Guru memberikan arahan mengenai alat dan bahan praktikum
·     Guru melakukan demonstrasi  mengenai contoh gelombang transversal menggunakan tali dan siswa diminta memperhatikan
Communication dan Collaborative

Guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa dan meminta siswa untuk mencoba dan mengambil data pada aplikasi tersebut dengan materi Gelombang Transversal
Communication
Komunikasi terjadi ketika guru memberikan link aplikasi pHet kepada siswa

Collaborative
Membangun kerjasama untuk menggunakan aplikasi pHet
Exploration
Siswa (dalam bentuk kelompok kecil) melakukan percobaan yang telah dilakukan guru dan mencatat hasilnya
Communication, Collaborative dan Creativity
Masing-masing siswa membuka link aplikasi pHet tersebut di hp atau laptop serta mencatat hasil percobaan
Critical Thinkink
Proses Critical Thinkink terjadi ketika siswa menggunakan aplikasi dan mengolah data

Creativity
Siswa dituntut kreatif saat menggunakan aplikasi.
Contohnya: siswa memodifikasi amplitude gelombang

Explanation
Siswa menjelaskan hasil percobaan yang telah dilakukan oleh masing-masing kelompok
Communication
Siswa membagikan hasil tersebut didalam forum diskusi online
Communication
Communication terjadi ketika masing-masing siswa membagikan hasil percobaannya melaluin forum diskusi online
Elaboration
Siswa mengkaitkan contoh gelombang transversal dalam kehidupan sehari-hari.
Contohnya: menjelaskan kejadian pada tetesan air
Communication
dan Critical Thinking


Masing-masing siswa memberikan contoh tersebut di dalam kehidupan sehari-hari
Critical Thinking
Siswa menelaah kejadian dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan gelombang transversal

Communication
Siswa membagikan contoh tersebut ke dalam forum diskusi onine

Evaluation
Guru mengevaluasi pemahaman siswa melalui kegiatan post test

Critical thinking
Siswa mengerjakan soal yang sudah guru sediakan di dalam forum diskusi online
Critical Thinking
Siswa menjawab soal yang telah diberikan oleh guru


Pertanyaan:

1. Apa itu model pembelajaran Learning Cycle 5E?
2. Apa tujuan dari model pembelajaran Learning Cycle 5E?
3. Jelaskan kelebihan dan kekurangan dari model pembelajaran Cycle!
4. Apa peran guru dalam Exploration?
5. Apa peran siswa dalam Explanation?


Model Pembelajaran ini dapat didownload pada link dibawah

https://www.4shared.com/office/LP6BKCrhea/Cycle_learning_5E.html

Link Blog lainnya :








Komentar

  1. 1. Model Pembelajaran learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme. Pendekatan teori kontruktivistik pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan proses belajar mengajar. Sehingga proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa (student centered) dari pada teacher centerred. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator.

    BalasHapus
  2. 4. Peran guru dalam model pembelajaran 5E adalah guru bisa sebagai fasilitator dan stimulator bagi siswa

    BalasHapus
  3. - learning cycle murpakan model pembelajaran student center dimana siswa dituntut lebih aktif dalam proses pembelajaran
    - pada tahap exploration guru berperan sebagai stimulator agar siswa mampu mengembangkan pemikirannya

    BalasHapus
  4. Kelebihan Model Pembelajaran 5E
    Menurut Wibowo (2010), penerapan model siklus belajar mempunyai kelebihan dan kekurangan. Beberapa kelebihan sebagai berikut:
    Meningkatkan motivasi belajar karena pebelajar (siswa) dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran
    Membantu mengembangkan sikap ilmiah pebelajar
    Pembelajaran menjadi lebih bermakna

    Kekurangan Model Pembelajaran 5E
    Adapun kekurangan penerapan model siklus belajar yang harus selalu diantisipasi adalah sebagai berikut:
    Efektifitas pembelajaran rendah jika guru kurang menguasai materi dan langkah-langkah pembelajaran
    Menuntut kesungguhan dan kreativitas guru dalam merancang dan melaksanakan proses pembelajaran
    Memerlukan pengelolaan kelas yang lebih terencana dan terorganisasi
    Memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak dalam menyusun rencana dan melaksanakan pembelajaran.

    BalasHapus
  5. Learning cycle atau siklus belajar adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif

    BalasHapus
  6. 3. Kelebihan siswa
    • Merangsang kembali siswa untuk mengingat kembali materi pembelajaran yang telah mereka dapatkan sebelumnya
    • Memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif dalam pembelajaran dan menambah rasa keingintahuan
    • Melatih siswa belajar menemukan konsep melalui kegiatan eksperimen
    • Melatih siswa untuk menyampaikan secara lisan konsep yang telah mereka pelajari
    • Memberi kesempatan kepada siswa untuk berifikir, mencari, menemukan dan menjelaskan contoh penerapan konsep yang telah dipelajari

    BalasHapus
  7. 1. Merupakan model pembelajara. Yang berpusat kepada siswa
    2. Tujuan nya agar siswa belajar lebih aktif
    3. Kelebihan: meningkatkan motivasi belajar siswa, membantu mengembangkan sikap ilmiah siswa,
    4. Guru berperan sebagai fasilitator dan motivator

    BalasHapus
  8. Siklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah salah satu model konstruktivis lengkap dalam kasus pembelajaran berbasis riset atau brainstorming yang digunakan di dalam kelas (Campbell dalam Tuna & Kacar, 2013). 

    BalasHapus
  9. Jelaskan apa pengertian dari model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Siklus belajar 5E (learning cycle 5E) adalah model pembelajaran konstruktivis yang menggabungkan antara hands-on, minds-on, dan penyelidikan ilmiah berbasis pedagogi.
    Berbeda dengan metode pengajaran tradisional yang mendominasikan instruksi langsung dalam menyampaikan informasi, siklus belajar 5E dengan pendekatan hands-on di mana siswa dapat mengeksplorasi konsep baru, mengevaluasi kembali pengalaman masa lalu mereka, dan mengasimilasi atau mengakomodasi pengalaman baru dan konsep ke dalam skema yang sudah ada
    Jelaskan peran keterampilan 4C dalam model pembelajaran Cycle Learning 5E ?
    Keterampilan abad ke-21 atau diistilahkan dengan 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, dan Creativity and Innovation) merupakan kemampuan sesungguhnya ingin dituju dengan Kurikulum 2013.
    Tentu memiliki peran penting dalam langkah-langkah, acuan, dan cara menilai lebih terarah karenanya

    Bagaiamna peran guru dalam mengaktifkan siswa yang tidak berkomunikasi (Collaborative ) dalam kelompok kecil ?
    Peran guru adalah sebagai fasilisator untuk bertanya. Guru juga berperan memberikan motivasi untuk saling bertanya sehingga berjalan komunikasi dengan baik dan memperbaiki adanya miskonsepsi
    Bagaimana peran guru dalam menumbuhkan proses berfikiri kritis (Critical thinking) pada siswa ?
    Guru memberikan pertanyaan atau masalah sehingga siswa berusaha berpikir untuk memecahkan masalah tersebut
    Jelaskan bagaimana komunikasi (Communication) yang terjadi pada saat menggunakan forum diskusi online ?
    Komunikasi bisa dilakukan dengan lebih mudah karena pada umumnya orang yang memiliki kesulitan berbicara akan lebih mudah mengungkapkan melalui pesan teks. Media komunikasi dapat juga berupa audio maupun vidio.

    BalasHapus
  10. Apa itu model pembelajaran Learning Cycle 5E?

    Model Pembelajaran learning cycle merupakan salah satu model pembelajaran yang sesuai dengan paradigma konstruktivisme. Pendekatan teori kontruktivistik pada dasarnya menekankan pentingnya siswa membangun sendiri pengetahuan mereka lewat keterlibatan proses belajar mengajar. Sehingga proses belajar mengajar lebih berpusat pada siswa (student centered) dari pada teacher centerred. Dengan kata lain pembelajaran menggunakan model pembelajaran learning cycle berpusat pada siswa dan guru berperan sebagai fasilitator.

    rizky_isnawan

    BalasHapus
  11. Model pembelajaran learning cycle-5E bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada siswa dalam membangun pengetahuan dan pengalaman belajar dengan terlibat secara aktif mempelajari materi secara bermakna dan bekerja serta berpikir baik secara individu maupun kelompok sehingga mencapai tujuan pembelajaran.

    BalasHapus

  12. -Model pembelajaran siklus 5E adalah model pembelajaran yang berpusat pada siswa
    -kelebihan model pembelajaran silus 5E diantaranya pembelajaran lebih bermakna,siswa lebih terampil dalam pembelajaran terutama dalam penguasaan teknologi
    -kekurangan model ini adalah lebih banyak waktu dan tenaga yg dibutuhkan

    BalasHapus
  13. Learning cycle atau siklus belajar adalah suatu model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang merupakan rangkaian tahap-tahap kegiatan (fase) yang diorganisasi sedemikian rupa sehingga siswa dapat menguasai kompetensi-kompetensi yang harus dicapai dalam pembelajaran dengan berperan aktif (Fajaroh, 2008).

    BalasHapus
  14. Saya akan menjawab pertanyaan nomor 5,
    Peran siswa pada sintaks explanation yakni siswa dipacu agar mampu menjelaskan dan beragumentasi selama pembelajaran berlangsung

    BalasHapus

Posting Komentar