Komponen RPP
|
RPP KONVENSIONAL
|
RPP DISRUPTED INOVASI
|
Identitas
|
|
|
Sekolah
|
SMP/MTS
|
SMP/MTS
|
Matapelajaran
|
IPA
|
IPA Terpadu
|
Kelas/Semester
|
VII/1
|
Kelas online /berkelanjutan
|
Materi Pokok
|
Suhu
Dan Perubahannya
|
Suhu
dan Perubahannya
|
Alokasi Waktu
|
90 menit
|
Paling lambat satu minggu
|
Kompetensi
|
|
|
Inti
|
|
|
1
|
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
|
Memahami
keagungan Tuhan yang telah menciptakan suhu terpanas api neraka
|
2
|
Menghargai dan menghayati
perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong),
santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan
sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
|
Mencari
tahu suhu pada saat pagi, siang dan sore hari
|
3
|
Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
Pemanfaatan
suhu panas dari pancaran matahari untuk mengeringkan pakaian
|
4
|
Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori.
|
Menganalisis
dampak perubahan suhu akibat kebakaran hutan
|
Dasar
|
Memahami
konsep suhu dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme
menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
|
Mendeskripsikan
dampak kebakaran hutan terhadap suhu lingkungan sekitar
|
Indikator
|
3.4.1
Menjelaskan definisi suhu.
3.4.2
Menjelaskan berbagai
jenis termometer.
3.4.3
Menentukan
skala suhu dengan melakukan
pengukuran suhu dengan menggunakan
thermometer.
3.4.4
Menentukan
skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
|
i.
Menjelaskan definisi suhu.
ii.
Menjelaskan berbagai
jenis termometer.
iii.
Menentukan
skala suhu dengan melakukan
pengukuran suhu dengan menggunakan
thermometer.
iv.
Menentukan
skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
|
Tujuan
|
- Siswa dapat
menjelaskan definisi suhu.
- Siswa dapat
menjelaskan berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
- Siswa dapat
menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan
menggunakan thermometer.
- Siswa dapat
menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan
temometer berskala.
|
- Siswa dapat
menjelaskan definisi suhu.
- Siswa dapat
menjelaskan berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
- Siswa dapat
menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan
thermometer.
- Siswa dapat
menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan
temometer berskala.
|
Model
|
Discovey
learning
|
Diskusi
online
|
Metode
|
Diskusi , Presentasi, ceramah,tanya jawab,
|
Chat online,Vlog, VC,streaming di Youtube, search engine,
|
Media
|
Ppt,
video
|
pHet, screen
recorder
|
Sumber Pembelajaran
|
Buku
intan pariwara, lks
|
Ebook,
internet
|
Uraian Materi
|
|
|
Langkah-langkah Pembelajaran
|
|
|
Pendahuluan
|
|
|
Orientasi
|
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
- Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
- Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
|
Login ke situs Distruptive
Inovation, link ke youtube melihat animasi pHet
|
Motivasi
|
- Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan
dipelajari.
- Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan dengan baik dan sungguh-sungguh, maka
peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:Pengertian Suhu
dan Termometer
- Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
- Mengajukan pertanyaan.
|
Menyaksikan
video kebakaran hutan dan dampak di lingkungan sekitar
|
Apersepsi
|
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan
sebelumnya, pada kelas VI
- Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
- Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang
akan dilakukan.
|
Melihat
gambar
-
Air mendidih
-
Penjemuran pakaian
|
Tujuan dan Manfaat Pembelajaran
|
- Siswa dapat
menjelaskan definisi suhu.
- Siswa dapat
menjelaskan berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
- Siswa dapat
menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan
menggunakan thermometer.
- Siswa dapat
menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan
temometer berskala.
- Siswa dapat
menjelaskan definisi pemuaian.
|
Aplikatif
|
Kegiatan Inti
|
|
|
|
Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan
untuk memusatkan perhatian pada topic : Pengertian Suhu dan Termometerdengan
cara :
v Melihat (tanpa
atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang
Ø
Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang
disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa
seperti gambar di bawah ini :
v Mengamati
Ø
Peserta didik diminta mengamati
gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan
video yang disajikan oleh guru seperti gambar di bawah ini :
Ø
Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta
untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v Membaca
(dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø
Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku
penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Pengertian
Suhu dan Termometer
v Mendengar
Ø
Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang
berkaitan dengan : Pengertian Suhu dan Termometer
v Menyimak,
Ø
Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara
garis besar/global tentang materi pelajaran
mengenai : Pengertian Suhu dan Termometer
|
Guru memberikan kesempatan
pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang
berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan
belajar, contohnya :
v Mengajukan
pertanyaan tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
Ø
Apa kegunaan dari termometer?
Ø
Bagaiman cara mengukur skala suhu?
|
Peserta didik mengumpulkan
informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi
melalui kegiatan:
v Mengamati
obyek/kejadian,
v Wawancara
dengan nara sumber
v Mengumpulkan
informasi
Ø
Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai
sumber tentang : Karakteristik materi, unsur, senyawa dan campuran
Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
v Membaca
sumber lain selain buku teks,
Ø
Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku
referensi tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
v Mempresentasikan
ulang
v Aktivitas
:
Ø
Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa
v Mendiskusikan
v Mengulang
Saling tukar informasi
tentang : Pengertian Suhu dan
Termometerdengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok
lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan
sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah
yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang
disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan,
menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan
kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari,
mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
|
Menyaksikan video pHet tentang
suhu dan perubahannya serta melihat video berbagai thermometer
|
|
Peserta didik dalam
kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v Berdiskusi tentang data : Pengertian Suhu dan Termometer
yang sudah dikumpulkan
/ terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya
mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi
yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar
kerja.
v Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Pengertian Suhu dan
Termometer
|
Peserta didik mendiskusikan
hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data
atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v Menambah
keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat
mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda
sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan
kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan :
Pengertian Suhu dan Termometer
antara lain dengan : Peserta
didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah
dikerjakan oleh peserta didik.
|
Peserta didik berdiskusi
untuk menyimpulkan
v Menyampaikan
hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan,
tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti,
toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan
sopan
v Mempresentasikan
hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
v Mengemukakan pendapat
atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang
mempresentasikan
v Bertanya
atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan untuk menjawabnya.
v Menyimpulkan tentang point-point penting yang muncul
dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil
pengamatan secara tertulis tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
v Menjawab
pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja
yang telah disediakan.
v Bertanya
tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan beberapa pertanyaan kepada siswa.
v Menyelesaikan uji kompetensi yang terdapat pada buku pegangan peserta
didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk
mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
|
|
Diskusi online:chat, video call,
streaming
|
Penutup
|
Peserta didik :
- Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang
muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
- Mengagendakan pekerjaan rumah.
- Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan
berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
- Memeriksa pekerjaan siswa
yang selesai langsung diperiksa.
Peserta didik yang selesai
mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut
peringkat, untuk penilaian
projek.
- Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan
kerjasama yang baik
|
Penyimpulan
materi via room chat
|
Komentar
Posting Komentar