Komponen RPP
RPP KONVENSIONAL
RPP DISRUPTED INOVASI
Identitas


Sekolah
SMP/MTS
SMP/MTS
Matapelajaran
IPA
IPA Terpadu
Kelas/Semester
VII/1
Kelas online /berkelanjutan
Materi Pokok
Suhu Dan Perubahannya
Suhu dan Perubahannya
Alokasi Waktu
90 menit
Paling lambat satu minggu
Kompetensi


Inti


1
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama
Memahami keagungan Tuhan yang telah menciptakan suhu terpanas api neraka
2
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.

Mencari tahu suhu pada saat pagi, siang dan sore hari
3
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

Pemanfaatan suhu panas dari pancaran matahari untuk mengeringkan pakaian
4
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

Menganalisis dampak perubahan suhu akibat kebakaran hutan
Dasar
Memahami konsep suhu dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme menjaga kestabilan suhu tubuh pada manusia dan hewan.
Mendeskripsikan dampak kebakaran hutan terhadap suhu lingkungan sekitar
Indikator
3.4.1        Menjelaskan definisi suhu.
3.4.2        Menjelaskan berbagai jenis termometer.
3.4.3        Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
3.4.4        Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.

       i.      Menjelaskan definisi suhu.
     ii.      Menjelaskan berbagai jenis termometer.
   iii.      Menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
   iv.      Menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
Tujuan
  • Siswa dapat menjelaskan definisi suhu.
  • Siswa dapat menjelaskan berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
  • Siswa dapat menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
  • Siswa dapat menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.

  • Siswa dapat menjelaskan definisi suhu.
  • Siswa dapat menjelaskan berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
  • Siswa dapat menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
  • Siswa dapat menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.

Model
Discovey learning
Diskusi online
Metode
Diskusi , Presentasi, ceramah,tanya jawab,
Chat online,Vlog, VC,streaming di Youtube, search engine,
Media
Ppt, video
pHet, screen recorder
Sumber Pembelajaran
Buku intan pariwara, lks
Ebook, internet
Uraian Materi

Langkah-langkah Pembelajaran






 
Pendahuluan


Orientasi
  • Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa  untuk  memulai pembelajaran
  • Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
  • Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik  dalam mengawali kegiatan pembelajaran.

Login ke situs Distruptive Inovation, link ke youtube melihat animasi pHet
Motivasi
  • Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
  • Apabila materi/tema/ projek ini kerjakan  dengan baik dan sungguh-sungguh, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang:Pengertian Suhu dan Termometer
  • Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang  berlangsung
  • Mengajukan pertanyaan.

Menyaksikan video kebakaran hutan dan dampak di lingkungan sekitar
Apersepsi
  • Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi/tema/kegiatan sebelumnya, pada kelas VI
  • Mengingatkan kembali materi prasyarat dengan bertanya.
  • Mengajukan pertanyaan yang ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan dilakukan.

Melihat gambar
-          Air mendidih
-          Penjemuran pakaian
Tujuan dan Manfaat Pembelajaran
  • Siswa dapat menjelaskan definisi suhu.
  • Siswa dapat menjelaskan berbagai jenis thermometer dan fungsinya.
  • Siswa dapat menentukan skala suhu dengan melakukan pengukuran suhu dengan menggunakan thermometer.
  • Siswa dapat menentukan skala thermometer tak berskala dengan membandingkan dengan temometer berskala.
  • Siswa dapat menjelaskan definisi pemuaian.

Aplikatif
Kegiatan Inti



Peserta didik diberi motivasi atau rangsangan untuk memusatkan perhatian pada topic : Pengertian Suhu dan Termometerdengan cara :

v  Melihat (tanpa atau dengan alat)/Menayangkan gambar/foto tentang 
Ø  Peserta didik diminta untuk mengamati penayangan gambar yang disajikan oleh guru maupun mengamati gambar yang terdapat pada buku siswa seperti gambar di bawah ini :
v  Mengamati
Ø  Peserta didik diminta mengamati  gambar /foto yang yang terdapat pada buku maupun melalui penayangan video yang disajikan oleh guru seperti gambar di bawah ini :

Ø  Berdasarkan hasil pengamatan terhadap gambar, peserta didik diminta untuk mendiskusikan tentang hal-hal yangingin diketahui..
v  Membaca (dilakukan di rumah sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
Ø  Peserta didik diminta membaca materi dari buku paket atau buku-buku penunjang lain, dari internet/materi yang berhubungan dengan :Pengertian Suhu dan Termometer
v  Mendengar
Ø  Peserta didik diminta mendengarkan pemberian materi oleh guruyang berkaitan dengan : Pengertian Suhu dan Termometer
v  Menyimak,
Ø  Peserta didik diminta menyimak penjelasan pengantar kegiatan secara garis besar/global tentang materi pelajaran  mengenai : Pengertian Suhu dan Termometer
Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin pertanyaan yang berkaitan dengan gambar yang disajikan dan akan dijawab melalui kegiatan belajar, contohnya :
v  Mengajukan pertanyaan tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya  :
Ø  Apa kegunaan dari termometer?
Ø  Bagaiman cara mengukur skala suhu?
Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyan yang telah diidentifikasi melalui kegiatan:
v  Mengamati obyek/kejadian,
v  Wawancara dengan nara sumber
v  Mengumpulkan informasi
Ø  Peserta didik diminta mengumpulkan data yang diperoleh dari berbagai sumber tentang :  Karakteristik materi, unsur, senyawa dan campuran Membedakan mahluk hidup dan tak hidup
v  Membaca sumber lain selain buku teks,
Ø  Peserta didik diminta mengeksplor pengetahuannya dengan membaca buku referensi tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
v  Mempresentasikan ulang
v  Aktivitas :
Ø  Peserta didik melakukan aktivitas sesuai sesuai buku siswa
v  Mendiskusikan
v  Mengulang
Saling tukar informasi tentang  : Pengertian Suhu dan Termometerdengan ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
Menyaksikan video pHet tentang suhu dan perubahannya serta melihat video berbagai thermometer

Peserta didik dalam kelompoknya berdiskusi mengolah data hasil pengamatan dengan cara :
v  Berdiskusi tentang data : Pengertian Suhu dan Termometer
yang sudah dikumpulkan / terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
v  Mengolah informasi yang sudah dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung dengan bantuan pertanyaan-pertanyaan pada lembar kerja.

v  Pesertadidik mengerjakan beberapa soal mengenai : Pengertian Suhu dan Termometer
Peserta didik mendiskusikan hasil pengamatannya dan memverifikasi hasil pengamatannya dengan data-data atau teori pada buku sumber melalui kegiatan :
v  Menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif serta deduktif dalam membuktikan : Pengertian Suhu dan Termometer
antara lain dengan : Peserta didik dan guru secara bersama-sama membahas jawaban soal-soal yang telah dikerjakan oleh peserta didik.
Peserta didik berdiskusi untuk menyimpulkan
v  Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat dengan sopan
v  Mempresentasikan hasil diskusi kelompok secara klasikal tentang :  Pengertian Suhu dan Termometer
v  Mengemukakan  pendapat  atas presentasi yang dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
v  Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan peserta didik lain diberi kesempatan  untuk menjawabnya.
v  Menyimpulkan  tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis tentang : Pengertian Suhu dan Termometer
v  Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau lembar kerja yang telah disediakan.
v  Bertanya tentang hal yang belum dipahami, atau guru melemparkan  beberapa pertanyaan kepada siswa.
v  Menyelesaikan  uji kompetensi  yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi pelajaran
Diskusi online:chat, video call, streaming
Penutup
Peserta didik :
  • Membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan.
  • Mengagendakan pekerjaan rumah.
  • Mengagendakan projek yang harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau dirumah.
Guru :
  • Memeriksa pekerjaan siswa  yang selesai  langsung diperiksa. Peserta didik yang  selesai mengerjakan projek dengan benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat,  untuk penilaian projek.
  • Memberikan penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
Penyimpulan materi via room chat

RPP ini dapat di download dengan menekan alamat dibawah


Komentar